Tuesday, September 27, 2011

RPP-XI IPS - Mekanisme Debet & Kredit


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan                  :           SMA Negeri 1 Kraksaan
Mata Pelajaran                        :            Akuntansi
Kelas / Semester                      :            XI IPS / I
Jumlah Pertemuan                   :           2 Kali Pertemuan

I.          Standar Kompetensi        :   Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahan jasa

II.       Kompetensi Dasar            :   5.3 Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit kredit

III. Indikator              
No
Indikator
Pendidikan  Karakter
1.

2.
3.
4.
5.
Menjelaskan mekanisme debet dan kredit transaksi perusahaan jasa
Mencatat transaksi perubahan Harta
Mencatat transaksi perubahan Utang
Mencatat transaksi perubahan Modal
Mencatat transaksi perusahaan jasa berdasarkan mekanisme debet dan kredit                              

Menghargai pendapat karya orang lain
Jujur dan tanggung jawan terhadap tugas

IV.  Alokasi Waktu         :       4 x 45 Menit       

V. Tujuan Pembelajaran :   Memberikan pengetahuan tentang analisa / pencatatan bukti transaksi berdasarkan mekanisme debit  kreditnya


VI. Materi Pembelajaran  :
     1. Definisi Perusahaan Jasa
         Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kepentingannnya menjual jasa / memberikan pelayanan jasa  kepada masyarakat.
     2. Bukti Trasnaksi
         Cek, Kwitansi, Nota kontan, Faktur, Bukti Umum ( memo), Bon
     3. Transaksi keuangan dibukukan menjadi 2 :
         3.1 Transaksi intern      : Merupakan transaksi yang terjadi antar bagian didalam perusahaan itu sendiri.
         3.2  Transaksi ekstenal : Merupakan transaksi yang terjadi antara perusahaan dengan pihak lain diluar  perusahaan.                    
     4. Aturan analisa bukti transaksi
            H = bertambah di D berkurang di K
            U = bertambah di K berkurang di D
            M = bertambah di K berkurang di D
            P = bertambah di K berkurang di D
            B = bertambah di D berkurang di K


VII. Metode Pembelajaran : - Problem solving
                                              - Penugasan


VIII. Langkah Langkah Kegiatan Pembelajaran
         A. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ( Pertemuan 1 )
            1.  Langkah Awal
                Apersepsi :
-          Siswa mampu menyebutkan macam-macam transaksi serta bukti transaksi keuangan yang ada pada perusahaan jasa dengan cara tanya jawab
                Motivasi :
                 -    Siswa mengetahui pentingnya memahami pencatatan transaksi berdasarkan mekanisme debit/kredit.

           2.  Kegiatan Inti
                a. Eksplorasi :
                       - Siswa membentuk kelompok untuk mengidentifikasi dokumen sumber dengan mengkaji sumber  Bahan

               b. Elaborasi :
                   - Siswa bekerja untuk memecahkan masalah sesuai dengan lembar kerja yang berikan guru.
                   - Guru mengamati dan memberikan bimbingan selama proses pembelajaran.
                   - Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusinya
                c. Konfirmasi : 
                     - Siswa merefleksi hasil diskusi dengan bimbingan guru selama proses pembelajaran
               
            3.   Penutup    
                 Guru mmberi kesimpulan
                 Guru mengevaluasi hasil kerja siswa


     B. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ( Pertemuan 2 )
         1.  Langkah Awal
                Apersepsi :
                - Siswa mampu menjelaskan mekanisme debet dan kredit melalui kegiatan tanya jawab
               
    Motivasi :
 - Memberi pemahaman pentingnya analisa pencatatna transaksi keuangan perusahaan jasa berdasrkan mekanismedebet dan kreditnya

         2.  Kegiatan Inti
                a. Eksplorasi :
                    - Guru membagi kelompok per bangku
        - Siswa menggali informasi dan mengkaji tentang analisa debit dan kredit          
                 b. Elaborasi :
                    - Siswa  memecahkan masalah sesuai dengan lembar kerja yang diberikan oleh guru. 
                    - Masing – masing kelompok  mendiskusikan lembar tugas yang diberikan
                    - Masing masing kelompok  mempresentasikan hasil
                    - Guru membimbing dan mengamati selama proses pembelajaran  
                 c. Konfirmasi : 
                     - Siswa merefleksi hasil diskusi dengan bimbingan guru selama proses pembelajaran 
                
            3.   Penutup    
                 Guru memberi refleksi dankesimpulan
                 Guru mengevaluasi hasil kerja siswa
                 Guru memberi tugas tambahan tentang mekanisme debit & kredit bukti transaksi


IX. Penilaian
    Teknik                     :  Test
    Bentuk Instrument  :  Tertulis
    Instrument               :  Soal Uraian ( Terlampir )     

X. Alat / Bahan
    Alat                         :  Papan tulis, OHP, Laptop/ Dekstop
    Bahan                      :  Lembar kerja siswa, bukti transaksi, spidol
    Sumber belajar        :  Buku akuntasi XI    
                                       Buku lain yang relevan




Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. H. M. NASOR,  M.M
NIP 19591015 198503 1 014

Kraksaan , 1 JuNi 2011
Guru Akuntansi

TASRON, S.Pd,  M.Pd
NIP 19651109 198901 1 003




Catatan – catatan :

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



No comments:

Post a Comment

LKS_PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

latihan Soal Persamaan Dasar Akuntansi ( Keseimbangan Neraca ) KLIK DISIN I