Tuesday, September 27, 2011

RPP-XI IPS-AKT.Sebagai Sistem Informasi


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan                  :   SMA Negeri 1 Kraksaan
Mata Pelajaran                        :   Akuntansi
Kelas / Semester                      :   XI IPS / I (Gasal)
Jumlah Pertemuan                   :   3 ( Tiga kali pertemuan )

I.          Standar Kompetensi       :   Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahan jasa

II.       Kompetensi Dasar           :   5.1 Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.

III.    Indikator              : 

No
Indikator
Pendidikan Karakter
1.
2.

3.

4.
5.

6.
7.
8.
9.
- Mendifinisikan pengertian  akuntansi
- Merumuskan kwalitas informasi akuntansi          ( Laporan keuangan )
- Menjelaskan proses akuntansi dan struktur dasar akuntansi
- Menjelaskan Pemakai informasi akuntansi
- Menjelaskan kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai
- Membedakan macam bidang spesialis akuntansi
- Menjelaskan etika profesi akuntan. 
- Mengklasifikasi akun
- Memberian kode akun

-Menghargai karya/pendapat orang lain
-Jujur dalam memberi informasi

-Komitmen dengan tugas yang diberikan



IV.     Alokasi Waktu                :   6 x 45 Menit

V.       Tujuan Pembelajaran:
1.  Memberikan pengetahuan pada siswa mengenai pengertian akuntansi, pemakai informasi akuntansi, kegunaan informasi akuntansi, macam bidang akuntansi dan profesi akuntan untuk mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
        2.  Memberi pemahaman  tentang  klasifikasi akun sebagai sistem informasi
        3.  Memberi   pengetahuan kode akun sebagai sistem informasi.

VI.  Materi Pembelajaran  :
1. Pengertian Akuntansi menurut AAA
    Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi ( pengkajian ), pengukuran dan pengkomunikasian   
 informasi ekonomis untuk membantu para pemakai informasi dalam membuat pendapat-pendapat dan keputusan-keputusan.

       2. Kwalitas informasi akuntansi
           - relevan                                               - tepat waktu
           - dapat dimengerti                                - daya banding
           - daya uji                                              - lengkap
           - netral


      3. Proses akuntansi ( Siklus Akuntansi )
          Tahap 1 Pencatatan
          Tahap 2 Pengiktisaran
          Tahap 3 Pelaporan

       4. Kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai
           Pihak intern  : Pimpinan perusahaan (manajer) berguna untu mengukur keberhasilan perusahaan dan sebagai dasar untuk membuat rencana operasional
          Pihak ekstern : investor, kreditor, pemerintha, tenaga kerja, langganan/suplayer dan masyarakat.
           
       5. Bidang-bidang akuntansi :
            - Akuntansi keuangan                                     - Akuntansi pemerintahan
            - Akuntansi managemen                                 - Akuntansi anggaran
            - Akuntansi biaya                                            - Sistem akuntansi
            - Akuntansi pemeriksaan                                 - Akuntansi perbankan
            - Akuntansi perpajakan
           
        6. Akuntan ( Profesi akuntansi )
            a). Akuntan dapat dibedakan menjadi 4  macam profesi :
1.      akuntan Intern / manajemen / perusahaan
2.      akuntan ekstern / publik / umum
3.      akuntan pemerintah
4.      akuntan pendidik
            b). Etika profesi akuntansi
          - Tanggunjawab promosi
          - Kepentingan publik
          - Integritas
          - Obyektifitas
          - Kehati-hatian
          - Kerahasiaan
          - Perilaku
          - Standt teknis

        7.  Akun dan Kode akun
             a). Akun diklasifikasikan menjadi 2, yaitu :
                 1. Akun Riil, yaitu Neraca yang terdiri dari akun : Harta , Utang dan Modal
                 2. Akun Nominal, yaitu akun Laba Rugi yang terdiri dari akun pendapatan dan beban
             b). Kode Akun :
                  1. Kode Desimal
                  2. Numerial : a. Kelompok
                                        b. Blok
                  3. Kombinasi Huruf dan angka

  
VII.  Metode Pembelajaran :  Ceramah, Diskusi , Penugasan
         Model pembelajaran   : Jigsaw , STAD

VIII. Langkah Langkah Kegiatan Pembelajaran
         A. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran ( Pertemuan 1 )
              1. Langkah awal./ Pendahuluan ( ± 5 menit )
                  Apersepsi :
                   - Guru menggali dari pengalaman siswa tentang pembukuan sederhana
                   - Menginformasikan bahan ajar
                   - Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.
             
      Motivasi :
      -  Memberi pengertian dan pemahaman pentingnya dan manfaat mempelajari  materi tentang      akuntansi,Pemakai dan bidang akuntansi, Profesi Akuntansi

                2.  Kegiatan Inti  ( ± 75 menit )
                     a. Eksplorasi :
  -   Siswa dibagi menjadi kelompok ( per kelompok = 5 orang ) dan tiap kelompok diberi tugas yang berbeda sesuai indikator yang akan dicapai.
  -  Siswa dari kelompok yang berbeda yang telah mempelajari indikator yang sama bertemu dalam  kelompok baru ( kelompok ahli ) untuk mendiskusikan indikator mereka.
 - Siswa masing masing dalam kelompok menggali informasi tentang pengertian akunansi, macam bidang akuntansi, pemakai informasi, kegunaan informasi akuntansi dan profesi akuntansi
        b.  Elaborasi:
  -   Siswa menajadi kelompok ahli tiap siswa kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman yang satu kelompok tentang indikator yang mereka kuasai.
  -   Siswa mendiskusikan hasil kemudian tiap kelompok ahli  mempresentasikan hasil diskusi.
     c.  Konfirmasi:
                     - Guru mengamati dan memberi bimbingan selama proses pembelajaran..
                     - Siswa merefleksi dan memberi kesimpulan

                 3.   Penutup. ( ± 10 menit )
                       Refleksi dan memberi kesimpulan dari indikator yang dibahas
                       


B. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran ( Pertemuan 2 )
                1. Langkah awal / Pendahuluan ( ± 5 menit )
                    Apersepsi :  Menggali informasi dari peserta didik tentang  definisi akuntansi dan bidang bidang Akuntansi, profesi  akuntansi.       
                    Motivasi   :  Siswa mengetahui manfaat dan pentingnya klasifikasi akun

                2. Kegiatan inti ( ± 70 menit )
                   a. Eksplorasi :
                - Siswa membentuk kelompok (sebangku)
                - Siswa dalam kelompok masing-masing mengkaji dan menggali informasi dari buku /  literatur yang sudah disediakan tentang klasifikasi akun
             b. Elaborasi :
          -Setiap kelompok menerima lembar kerja dari guru
         - Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menyelesaikan kasus yang ada pada lembar kerja. (siswa satu menerangkan kepada anggota kelompok, demikian juga kelompok lainnya )
     c. Konfirmasi :
                       - Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
                       - Guru mengamati dan memberi bimbingan selam proses pembelajaran.
                       - Siswa merefleksi  dan menyimpulkan klasifikasi akun

                3.  Penutup( ± 15 menit
              - Guru memberi kesimpulan
              - Guru memberi evaluasi Lembar Kerja Siswa
              - Guru memberi tugas tambahan  untuk dikerjakan diluar jam KBM ( tugas mandiri )
           
          C. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ( Pertemuan 3 )
   1. Langkah awal ( ± 10 menit )
       Apersepsi :  Menggali informasi dari peserta didik tentang  klasifikasi akun
                   Motivasi   :  Siswa mengetahui manfaat dan pentingnya  kegunaan kode akun

   2. Kegiatan Inti ( ± 70 menit )
       a. Eksplorasi :
·         Guru membagi siswa untuk membentuk kelompok 18 sampai dengan 20 kelompok  (@ 2 siswa) dan memberi tugas pada semua kelompok untuk menggali informasi tentan kode akun
b. Elaborasi :
·         Setiap siswa memikirkan dan mengerjakan tugas yang diberikan sendiri – sendiri.
·         Siswa membentuk kelompok baru dan berpasangan dengan teman yang satu (2 orang yang berbeda tugas yang diberikan oleh guru ) dan mendiskusikan hasil yang dikerjakan.
·         Kedua pasangan bertiga ketemu kembali dalam kelompok awal untuk mendiskusi kan kembali dan melaporkan hasilnya masing-masing
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusinya
·         Siswa merefleksi dan menyimpulkan kode akun dengan bimbingan guru
·         Guru memberi refleksi dalam KBM , dengan cara  mengundi  kepada semua kelompok yang diambil hanya kelompok yang kalah dalam undian untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
c. Konfirmasi :
·         Guru memberi refleksi hasil diskusi yang dipresentasikan siswa dan memberi kesimpulan tentang kode akun

         3. Penutup( ± 10 menit )
            - Guru memberi Refleksi dan kesimpulan
            - Guru memberi evaluasi Lembar Kerja Siswa
            - Guru memberi tugas tambahan  untuk dikerjakan diluar jam KBM ( tugas mandiri )

F. Penilaian
    Teknik                     :  Test
    Bentuk Instrument  :  Tertulis
    Instrument               :  Soal Uraian ( Terlampir )                 

Alat / Bahan
    Alat                         :  Papan tulis , Kartu Tugas, Laptop/Dekstop, OHP
    Bahan                      :  Lembar Kerja Siswa
    Sumber belajar        :  Buku akuntasi XI    
                                       Buku lain yang relevan

Mengetahui
Kepala Sekolah

Drs. H. M. NASOR,  M.M
NIP 19591015 198503 1 014

Kraksaan , 1 Juni 2011
Guru Akuntansi

TASRON, S.Pd,  M.Pd
NIP 19651109 198901 1 003

Catatan – catatan :

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lampiran Lembar Penilaian
1.      Penilaian Proses
      Aspek/materi/kegiatan : diskusi & LKS
            Indikator         :   - Mendifinisikan pengertian dasar akuntansi
                                        - Merumuskan kwalitas informasi akuntansi
                                        - Menjelaskan proses akuntansi dan struktur dasar akuntansi
                                        - Membedakan macam bidang akuntansi
                                  - Menjelaskan profesi akuntansi

No
Nama
Kesiapan & Respon
Mengemukakan pendapat
Kerja sama
Jumlah
Rata-rata
1
2
3
4
5







Keterangan :
1.      Mengikuti PBM dengan sangat aktif & partisipatif      95-100    =  A
2.      Mengikuti PBM  dengan aktif & partisipatif                 86-94      =  B
3.      Mengikuti PBM  dengan cukup aktif & partisipatif      75-85     =  C
4.      Mengikuti PBM  dengan kurang aktif & partisipatif     < 61       =  K


2.      Penilaian Hasil
      Aspek/materi/kegiatan : Hasil Kerja
            Indikator         :   - Mendifinisikan pengertian dasar akuntansi
                                        - Merumuskan kwalitas informasi akuntansi
                                        - Menjelaskan proses akuntansi dan struktur dasar akuntansi
                                        - Menjelaskan macam bidang akuntansi
                                        - Menjelaskan profesi akuntansi

No
Aspek
Nama
Kerapian jawaban
Sesuai dengan Konsep
Jawaban benar
Jumlah
Rata-rata
1
2
3
4
5






Keterangan :
1.      Jawaban Benar dan sesuai dengan konsep                          =    100
2.      Jawaban benar  sampai dengan 3 jawaban tugas                 =      90
3.      Jawaban benar  sampai dengan  2 jawaban tugas               =      80
4.      Jawaban benar  sampai dengan  1 jawaban tugas                =      75
5.      Jawaban salah dan tidak sesuai dengan konsep                   =   ≤ 74

BAHAN AJAR
( LEMBAR KERJA SISWA )

Satuan Pendidikan      :   SMA
Mata Pelajaran            :   Akuntansi
Kelas / Semester          :   XI IPS / I
Alokasi Waktu            :   2 x 45 menit (  pertemuan 1 )
Standar Kompetensi   :   Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahan jasa
Kompetensi Dasar       :   5.1 Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
Indikator                     :   - Mendifinisikan pengertian dasar akuntansi
                                        - Merumuskan kwalitas informasi akuntansi
                                        - Menjelaskan proses akuntansi dan struktur dasar akuntansi
                                        - Membedakan macam bidang akuntansi
                                        - Menjelaskan profesi akuntansi

Petunjuk Umum :
  1. Bacalah secara seksama kasus dibawah ini sebelum anda mengerjakan
  2. Kerjakan di lembaran kertas yang disediakan sesuai dengan tugas yang diberikan
  3. Diskusikan hasil kerja dengan kelompok
TUGAS 1

  1. Akuntansi dapat didefinisikan menjadi 2, yaitu secara Luas dan secara sempit
Secara Luas dapat dikatakan sebagai “ Language of Business atau bahasa dunia usaha
Sedangkan secara sempit banyak para ahli / lembaga / kumpulan akuntan yang mendefinisikan.

Jelaskan definisi Akuntansi menurut :
a)      American Accounting Association ( AAA)
b)      American Institute of Certified Public Accountant ( AICPA)

JAWAB :

 
TUGAS 2


Informasi akuntnsi (laporan keuangan) mempunyai  kuantitatif dan kualitatif dalam informasinya.

Sebutkan Kualitas (kualitatif) Informasi Akuntansi dan Jelaskan !

JAWAB :

 
 



































TUGAS 3


Akuntansi  mempunyai proses / tahapan dalam siklus akuntansi
Sebutkan tahapan tersebut dan buatlah Bagan / Siklus Akuntansi

JAWAB :

 
TUGAS 4


Akuntansi dapat dibagi menjadi beberapa bidang.
1.      Sebutkan macam – macam bidang akuntansi
2.      Jelaskan perbedaan Akuntansi manajemen dengan akuntasi Keuangan

JAWAB :

 
TUGAS 5


Profesi akuntansi ( Akuntan ) ada 4 macam dan mempunyai kode etik akuntan
Sebutkan macam – macam profesi akuntansi tersebut beserta kode etik akuntan

JAWAB :

 
 
























































Lampiran Lembar Penilaian

1.      Penilaian Proses
      Aspek/materi/kegiatan : diskusi & LKS
            Indikator         :   - Menjelaskan Klasifikasi Akun
                                   
No
Nama
Kesiapan & Respon
Mengemukakan pendapat
Kerja sama
Jumlah
Rata-rata
1
2
3
4
5







Keterangan :
5.      Mengikuti PBM dengan sangat aktif & partisipatif      95-100    =  A
6.      Mengikuti PBM  dengan aktif & partisipatif                 86-94      =  B
7.      Mengikuti PBM  dengan cukup aktif & partisipatif      75-85     =  C
8.      Mengikuti PBM  dengan kurang aktif & partisipatif     < 61       =  K


2.      Penilaian Hasil
      Aspek/materi/kegiatan : Hasil Kerja
         Indikator         :   - Menjelaskan Klasifikasi akun


No
Aspek
Nama
Kerapian jawaban
Sesuai dengan Konsep
Jawaban benar
Jumlah
Rata-rata
1
2
3
4
5






Keterangan :
1)      Jawaban Benar dan sesuai dengan konsep                          =    100
2)      Jawaban benar  sampai dengan 4 jawaban tugas                 =      90
3)      Jawaban benar  sampai dengan  3 jawaban tugas                =      80
4)      Jawaban benar  sampai dengan  2 jawaban tugas                =      75
5)      Jawaban salah dan tidak sesuai dengan konsep                   =   ≤ 74




BAHAN AJAR
( LEMBAR KERJA SISWA )

Satuan Pendidikan      :   SMA
Mata Pelajaran            :   Akuntansi
Kelas / Semester          :   XI IPS / I
Alokasi Waktu            :   2 x 45 menit (  pertemuan ke 2 )
Standar Kompetensi   :   Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahan jasa
Kompetensi Dasar       :   5.1 Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
Indikator                     :   - Menjelaskan Klasifikasi akun

Petunjuk Umum :
  1. Bacalah secara seksama kasus dibawah ini sebelum anda mengerjakan
  2. Kerjakan di lembaran kertas yang disediakan sesuai dengan tugas yang diberikan
  3. Diskusikan hasil kerja dengan kelompok
TUGAS 1

Klasifikasi Akun Dibedakan menjadi 2, yaitu akun Riil dan akun Nominal
Jelaskan kelompok akun Harta
JAWAB :

 
TUGAS 2


Klasifikasi Akun Dibedakan menjadi 2, yaitu akun Riil dan akun Nominal
Jelaskan kelompok akun Utang
JAWAB :

 
 






































TUGAS 3

Klasifikasi Akun Dibedakan menjadi 2, yaitu akun Riil dan akun Nominal
Jelaskan kelompok akun Modal

JAWAB :

 
TUGAS 4


Klasifikasi Akun Dibedakan menjadi 2, yaitu akun Riil dan akun Nominal
Jelaskan kelompok akun Pendapatan
JAWAB :

 
TUGAS 5

Klasifikasi Akun Dibedakan menjadi 2, yaitu akun Riil dan akun Nominal
Jelaskan kelompok akun Beban
JAWAB :

 
 






















































Lampiran Lembar Penilaian
1.   Penilaian Proses
      Aspek/materi/kegiatan : diskusi & LKS
      Indikator         :   - Memberi Kode akun

No
Nama
Kesiapan & Respon
Mengemukakan pendapat
Kerja sama
Jumlah
Rata-rata
1
2
3
4
5







Keterangan :
1.      Mengikuti PBM dengan sangat aktif & partisipatif      95-100    =  A
2.      Mengikuti PBM  dengan aktif & partisipatif                 86-94      =  B
3.      Mengikuti PBM  dengan cukup aktif & partisipatif      75-85     =  C
4.      Mengikuti PBM  dengan kurang aktif & partisipatif     < 61       =  K


3.      Penilaian Hasil
      Aspek/materi/kegiatan : Hasil Kerja
            Indikator         :   - Memberi Kode akun

No
Aspek
Nama
Kerapian jawaban
Sesuai dengan Konsep
Jawaban benar
Jumlah
Rata-rata
1
2
3
4
5






Keterangan :
                  1.      Jawaban Benar dan sesuai dengan konsep                           =    100
                  2.      Jawaban benar  sampai dengan 4 jawaban tugas                    =      90
                  3.      Jawaban benar  sampai dengan  3 jawaban tugas                   =      80
                  4.      Jawaban benar  sampai dengan  2 jawaban tugas                   =      75
                  5.      Jawaban salah dan tidak sesuai dengan konsep                      =   ≤ 74

No comments:

Post a Comment

LKS_PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

latihan Soal Persamaan Dasar Akuntansi ( Keseimbangan Neraca ) KLIK DISIN I