RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Kraksaan
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : XI IPS / I (Gasal)
Jumlah Pertemuan : 3 ( Tiga kali pertemuan )
I. Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahan jasa
II. Kompetensi Dasar : 5.1 Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
III. Indikator :
No | Indikator | Pendidikan Karakter |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. | - Mendifinisikan pengertian akuntansi - Merumuskan kwalitas informasi akuntansi ( Laporan keuangan ) - Menjelaskan proses akuntansi dan struktur dasar akuntansi - Menjelaskan Pemakai informasi akuntansi - Menjelaskan kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai - Membedakan macam bidang spesialis akuntansi - Menjelaskan etika profesi akuntan. - Mengklasifikasi akun - Memberian kode akun | -Menghargai karya/pendapat orang lain -Jujur dalam memberi informasi -Komitmen dengan tugas yang diberikan |
IV. Alokasi Waktu : 6 x 45 Menit
V. Tujuan Pembelajaran:
1. Memberikan pengetahuan pada siswa mengenai pengertian akuntansi, pemakai informasi akuntansi, kegunaan informasi akuntansi, macam bidang akuntansi dan profesi akuntan untuk mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
2. Memberi pemahaman tentang klasifikasi akun sebagai sistem informasi
3. Memberi pengetahuan kode akun sebagai sistem informasi.
VI. Materi Pembelajaran :
1. Pengertian Akuntansi menurut AAA
Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi ( pengkajian ), pengukuran dan pengkomunikasian
informasi ekonomis untuk membantu para pemakai informasi dalam membuat pendapat-pendapat dan keputusan-keputusan.
2. Kwalitas informasi akuntansi
- relevan - tepat waktu
- dapat dimengerti - daya banding
- daya uji - lengkap
- netral
3. Proses akuntansi ( Siklus Akuntansi )
Tahap 1 Pencatatan
Tahap 2 Pengiktisaran
Tahap 3 Pelaporan
4. Kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai
Pihak intern : Pimpinan perusahaan (manajer) berguna untu mengukur keberhasilan perusahaan dan sebagai dasar untuk membuat rencana operasional
Pihak ekstern : investor, kreditor, pemerintha, tenaga kerja, langganan/suplayer dan masyarakat.
5. Bidang-bidang akuntansi :
- Akuntansi keuangan - Akuntansi pemerintahan
- Akuntansi managemen - Akuntansi anggaran
- Akuntansi biaya - Sistem akuntansi
- Akuntansi pemeriksaan - Akuntansi perbankan
- Akuntansi perpajakan
6. Akuntan ( Profesi akuntansi )
a). Akuntan dapat dibedakan menjadi 4 macam profesi :
1. akuntan Intern / manajemen / perusahaan
2. akuntan ekstern / publik / umum
3. akuntan pemerintah
4. akuntan pendidik
b). Etika profesi akuntansi
- Tanggunjawab promosi
- Kepentingan publik
- Integritas
- Obyektifitas
- Kehati-hatian
- Kerahasiaan
- Perilaku
- Standt teknis
7. Akun dan Kode akun
a). Akun diklasifikasikan menjadi 2, yaitu :
1. Akun Riil, yaitu Neraca yang terdiri dari akun : Harta , Utang dan Modal
2. Akun Nominal, yaitu akun Laba Rugi yang terdiri dari akun pendapatan dan beban
b). Kode Akun :
1. Kode Desimal
2. Numerial : a. Kelompok
b. Blok
3. Kombinasi Huruf dan angka
VII. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi , Penugasan
Model pembelajaran : Jigsaw , STAD
VIII. Langkah Langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran ( Pertemuan 1 )
1. Langkah awal./ Pendahuluan ( ± 5 menit )
Apersepsi :
- Guru menggali dari pengalaman siswa tentang pembukuan sederhana
- Menginformasikan bahan ajar
- Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.
Motivasi :
- Memberi pengertian dan pemahaman pentingnya dan manfaat mempelajari materi tentang akuntansi,Pemakai dan bidang akuntansi, Profesi Akuntansi
2. Kegiatan Inti ( ± 75 menit )
a. Eksplorasi :
- Siswa dibagi menjadi kelompok ( per kelompok = 5 orang ) dan tiap kelompok diberi tugas yang berbeda sesuai indikator yang akan dicapai.
- Siswa dari kelompok yang berbeda yang telah mempelajari indikator yang sama bertemu dalam kelompok baru ( kelompok ahli ) untuk mendiskusikan indikator mereka.
- Siswa masing masing dalam kelompok menggali informasi tentang pengertian akunansi, macam bidang akuntansi, pemakai informasi, kegunaan informasi akuntansi dan profesi akuntansi
b. Elaborasi:
- Siswa menajadi kelompok ahli tiap siswa kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman yang satu kelompok tentang indikator yang mereka kuasai.
- Siswa mendiskusikan hasil kemudian tiap kelompok ahli mempresentasikan hasil diskusi.
c. Konfirmasi:
- Guru mengamati dan memberi bimbingan selama proses pembelajaran..
- Siswa merefleksi dan memberi kesimpulan
3. Penutup. ( ± 10 menit )
Refleksi dan memberi kesimpulan dari indikator yang dibahas
B. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran ( Pertemuan 2 )
1. Langkah awal / Pendahuluan ( ± 5 menit )
Apersepsi : Menggali informasi dari peserta didik tentang definisi akuntansi dan bidang bidang Akuntansi, profesi akuntansi.
Motivasi : Siswa mengetahui manfaat dan pentingnya klasifikasi akun
2. Kegiatan inti ( ± 70 menit )
a. Eksplorasi :
- Siswa membentuk kelompok (sebangku)
- Siswa dalam kelompok masing-masing mengkaji dan menggali informasi dari buku / literatur yang sudah disediakan tentang klasifikasi akun
b. Elaborasi :
-Setiap kelompok menerima lembar kerja dari guru
- Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menyelesaikan kasus yang ada pada lembar kerja. (siswa satu menerangkan kepada anggota kelompok, demikian juga kelompok lainnya )
c. Konfirmasi :
- Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
- Guru mengamati dan memberi bimbingan selam proses pembelajaran.
- Siswa merefleksi dan menyimpulkan klasifikasi akun
3. Penutup( ± 15 menit
- Guru memberi kesimpulan
- Guru memberi evaluasi Lembar Kerja Siswa
- Guru memberi tugas tambahan untuk dikerjakan diluar jam KBM ( tugas mandiri )
C. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ( Pertemuan 3 )
1. Langkah awal ( ± 10 menit )
Apersepsi : Menggali informasi dari peserta didik tentang klasifikasi akun
Motivasi : Siswa mengetahui manfaat dan pentingnya kegunaan kode akun
2. Kegiatan Inti ( ± 70 menit )
a. Eksplorasi :
· Guru membagi siswa untuk membentuk kelompok 18 sampai dengan 20 kelompok (@ 2 siswa) dan memberi tugas pada semua kelompok untuk menggali informasi tentan kode akun
b. Elaborasi :
· Setiap siswa memikirkan dan mengerjakan tugas yang diberikan sendiri – sendiri.
· Siswa membentuk kelompok baru dan berpasangan dengan teman yang satu (2 orang yang berbeda tugas yang diberikan oleh guru ) dan mendiskusikan hasil yang dikerjakan.
· Kedua pasangan bertiga ketemu kembali dalam kelompok awal untuk mendiskusi kan kembali dan melaporkan hasilnya masing-masing
· Siswa mempresentasikan hasil diskusinya
· Siswa merefleksi dan menyimpulkan kode akun dengan bimbingan guru
· Guru memberi refleksi dalam KBM , dengan cara mengundi kepada semua kelompok yang diambil hanya kelompok yang kalah dalam undian untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
c. Konfirmasi :
· Guru memberi refleksi hasil diskusi yang dipresentasikan siswa dan memberi kesimpulan tentang kode akun
3. Penutup( ± 10 menit )
- Guru memberi Refleksi dan kesimpulan
- Guru memberi evaluasi Lembar Kerja Siswa
- Guru memberi tugas tambahan untuk dikerjakan diluar jam KBM ( tugas mandiri )
F. Penilaian
Teknik : Test
Bentuk Instrument : Tertulis
Instrument : Soal Uraian ( Terlampir )
Alat / Bahan
Alat : Papan tulis , Kartu Tugas, Laptop/Dekstop, OHP
Bahan : Lembar Kerja Siswa
Sumber belajar : Buku akuntasi XI
Buku lain yang relevan
Mengetahui Kepala Sekolah Drs. H. M. NASOR, M.M NIP 19591015 198503 1 014 | | Kraksaan , 1 Juni 2011 Guru Akuntansi TASRON, S.Pd, M.Pd NIP 19651109 198901 1 003 |
Catatan – catatan :
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lampiran Lembar Penilaian
1. Penilaian Proses
Aspek/materi/kegiatan : diskusi & LKS
Indikator : - Mendifinisikan pengertian dasar akuntansi
- Merumuskan kwalitas informasi akuntansi
- Menjelaskan proses akuntansi dan struktur dasar akuntansi
- Membedakan macam bidang akuntansi
- Menjelaskan profesi akuntansi
No | Nama | Kesiapan & Respon | Mengemukakan pendapat | Kerja sama | Jumlah | Rata-rata |
1 2 3 4 5 | | | | | | |
Keterangan :
1. Mengikuti PBM dengan sangat aktif & partisipatif 95-100 = A
2. Mengikuti PBM dengan aktif & partisipatif 86-94 = B
3. Mengikuti PBM dengan cukup aktif & partisipatif 75-85 = C
4. Mengikuti PBM dengan kurang aktif & partisipatif < 61 = K
2. Penilaian Hasil
Aspek/materi/kegiatan : Hasil Kerja
Indikator : - Mendifinisikan pengertian dasar akuntansi
- Merumuskan kwalitas informasi akuntansi
- Menjelaskan proses akuntansi dan struktur dasar akuntansi
- Menjelaskan macam bidang akuntansi
- Menjelaskan profesi akuntansi
No | Aspek Nama | Kerapian jawaban | Sesuai dengan Konsep | Jawaban benar | Jumlah | Rata-rata |
1 2 3 4 5 | | | | | | |
Keterangan :
1. Jawaban Benar dan sesuai dengan konsep = 100
2. Jawaban benar sampai dengan 3 jawaban tugas = 90
3. Jawaban benar sampai dengan 2 jawaban tugas = 80
4. Jawaban benar sampai dengan 1 jawaban tugas = 75
5. Jawaban salah dan tidak sesuai dengan konsep = ≤ 74
BAHAN AJAR
( LEMBAR KERJA SISWA )
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : XI IPS / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( pertemuan 1 )
Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahan jasa
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
Indikator : - Mendifinisikan pengertian dasar akuntansi
- Merumuskan kwalitas informasi akuntansi
- Menjelaskan proses akuntansi dan struktur dasar akuntansi
- Membedakan macam bidang akuntansi
- Menjelaskan profesi akuntansi
Petunjuk Umum :
- Bacalah secara seksama kasus dibawah ini sebelum anda mengerjakan
- Kerjakan di lembaran kertas yang disediakan sesuai dengan tugas yang diberikan
- Diskusikan hasil kerja dengan kelompok
| ||
|
| |||
| |||
|
Lampiran Lembar Penilaian
1. Penilaian Proses
Aspek/materi/kegiatan : diskusi & LKS
Indikator : - Menjelaskan Klasifikasi Akun
No | Nama | Kesiapan & Respon | Mengemukakan pendapat | Kerja sama | Jumlah | Rata-rata |
1 2 3 4 5 | | | | | | |
Keterangan :
5. Mengikuti PBM dengan sangat aktif & partisipatif 95-100 = A
6. Mengikuti PBM dengan aktif & partisipatif 86-94 = B
7. Mengikuti PBM dengan cukup aktif & partisipatif 75-85 = C
8. Mengikuti PBM dengan kurang aktif & partisipatif < 61 = K
2. Penilaian Hasil
Aspek/materi/kegiatan : Hasil Kerja
Indikator : - Menjelaskan Klasifikasi akun
No | Aspek Nama | Kerapian jawaban | Sesuai dengan Konsep | Jawaban benar | Jumlah | Rata-rata |
1 2 3 4 5 | | | | | | |
Keterangan :
1) Jawaban Benar dan sesuai dengan konsep = 100
2) Jawaban benar sampai dengan 4 jawaban tugas = 90
3) Jawaban benar sampai dengan 3 jawaban tugas = 80
4) Jawaban benar sampai dengan 2 jawaban tugas = 75
5) Jawaban salah dan tidak sesuai dengan konsep = ≤ 74
BAHAN AJAR
( LEMBAR KERJA SISWA )
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : XI IPS / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( pertemuan ke 2 )
Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahan jasa
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
Indikator : - Menjelaskan Klasifikasi akun
Petunjuk Umum :
- Bacalah secara seksama kasus dibawah ini sebelum anda mengerjakan
- Kerjakan di lembaran kertas yang disediakan sesuai dengan tugas yang diberikan
- Diskusikan hasil kerja dengan kelompok
| ||
|
| ||
| ||
|
Lampiran Lembar Penilaian
1. Penilaian Proses
Aspek/materi/kegiatan : diskusi & LKS
Indikator : - Memberi Kode akun
No | Nama | Kesiapan & Respon | Mengemukakan pendapat | Kerja sama | Jumlah | Rata-rata |
1 2 3 4 5 | | | | | | |
Keterangan :
1. Mengikuti PBM dengan sangat aktif & partisipatif 95-100 = A
2. Mengikuti PBM dengan aktif & partisipatif 86-94 = B
3. Mengikuti PBM dengan cukup aktif & partisipatif 75-85 = C
4. Mengikuti PBM dengan kurang aktif & partisipatif < 61 = K
3. Penilaian Hasil
Aspek/materi/kegiatan : Hasil Kerja
Indikator : - Memberi Kode akun
No | Aspek Nama | Kerapian jawaban | Sesuai dengan Konsep | Jawaban benar | Jumlah | Rata-rata |
1 2 3 4 5 | | | | | | |
Keterangan :
1. Jawaban Benar dan sesuai dengan konsep = 100
2. Jawaban benar sampai dengan 4 jawaban tugas = 90
3. Jawaban benar sampai dengan 3 jawaban tugas = 80
4. Jawaban benar sampai dengan 2 jawaban tugas = 75
5. Jawaban salah dan tidak sesuai dengan konsep = ≤ 74
No comments:
Post a Comment