Home » » RPP-XI IPS - Persamaan Dasar Akuntansi

RPP-XI IPS - Persamaan Dasar Akuntansi

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan                  :   SMA
Mata Pelajaran                        :   Akuntansi
Kelas / Semester                      :   XI.IPS / I
Jumlah Pertemuan                   :   3 ( Tiga Kali Pertemuan )

I.          Standar Kompetensi        :   Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahan

II.      Kompetensi Dasar            :   5.2 Menafsirkan persamaan akuntansi

III.    Indikator             
No
Indikator
Pendidikan Karakter
1.

2.

3.

4.
Menerapkan rumus persamaan akuntansi dan aturan debit/kredit.
Mengidentifikasi persamaan antara harta dengan harta
Mengidentifikasi persamaan antara harta dengan utang
Mengidentifikasi persamaan antara harta dengan modal
-     Mau menghargai pendapat orang lain
-     Jujur dalam membuat persamaan dasar
-     Tanggung jawab terhadap tugas
  
IV.        Alokasi Waktu   :   6 x 45 menit
                                       
V. Tujuan Pembelajaran  : Siswa mampu menyusun persamaan dasar akuntansi


VI. Materi Pembelajaran  :
       1. Rumus persamaan akuntansi
            H = U + M
            H = U + M – B + P
       2. Harta, utang, modal hubungannya dengan transaksi serta aturan debit kreditnya.
    
        Persamaan Dasar Akuntansi disebut juga Keseimbangan Neraca  atau Accounting equation
         Persamaan Dasar  Akuntansi (Accounting Equation)  sebagai berikut :

KREDIT
 
DEBET
 
          
                                                                  =
AKTIVA
 
PASSIVA
 
 

                                                                  =
H A R T A
 
UTANG
 
MODAL
 
 

                               =                                    +




VII . Metode Pembelajaran :              - Problem solving
                                                - Penugasan

VIII. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
          A. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ( Pertemuan 1 )
              1.  Kegiatan Awal
                 a. Apersepsi
                     - Siswa mampu mengidentifikasi kelompok akuntansi HUM dan rumus persamaan akuntansi           
                b. Motivasi
                    - Memberi pengertian pentingnya persamaan dasar akuntansi dalam kegiatan akuntansi
                    - Manfaat   mempelajari persamaan dasar akuntansi dalam kehidupan sebagai life skill
           
               2.  Kegiatan Inti
                     a. Eksplorasi :
                         - Guru membagi kelompok per bangku untuk mengkaji tentang persamaan akuntansi
                         - Siswa mengkaji literatur tentang persamaan dasar akuntansi
                         - Menggali informasi tentang mekanisme debit dan kredit
                         - Menggali informasi tentang perubahan harta dengan harta

                     b. Elaborasi :
                        - Siswa  memecahkan masalah sesuai dengan lembar kerja yang diberikan oleh guru.         
                        - Masing – masing kelompok  mendiskusikan lembar tugas yang diberikan
                        - Masing masing kelompok  mempresentasikan hasil
                        - Guru membimbing dan mengamati selama proses pembelajaran  
                     c. Konfirmasi : 
                        - Siswa merefleksi hasil diskusi dengan bimbingan guru selama proses pembelajaran          
                
                3.  Penutup                         
                     Guru memberi kesimpulan
                     Guru mengevaluasi hasil lembar kerja siswa




         B. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ( Pertemuan 2 )
             1.  Kegiatan Awal
                 a. Apersepsi
                     - Siswa mampu mengidentifikasi kelompok akuntansi HUM dan rumus persamaan akuntansi
                      - Siswa mampu  menganalisa perubahan harta dengan harta
                 b. Motivasi
                    - Memberi pengertian pentingnya persamaan dasar akuntansi dalam kegiatan akuntansi
                    - Manfaat   mempelajari persamaan dasar akuntansi dalam kehidupan sebagai life skill
           
            2.  Kegiatan Inti
                 a. Eksplorasi :
                     - Guru membagi kelompok per bangku untuk mengkaji tentang persamaan akuntansi
                     - Siswa mengkaji literatur tentang persamaan dasar akuntansi
                     - Menggali informasi tentang mekanisme debit dan kredit
                     - Menggali informasi tentang perubahan harta dengan utang

                  b. Elaborasi :
                      - Siswa  memecahkan masalah sesuai dengan lembar kerja yang diberikan oleh guru.           
                      - Masing – masing kelompok  mendiskusikan lembar tugas yang diberikan
                      - Masing masing kelompok  mempresentasikan hasil
                      - Guru membimbing dan mengamati selama proses pembelajaran  
                  c. Konfirmasi : 
                      - Siswa merefleksi hasil diskusi dengan bimbingan guru selama proses pembelajaran
                
            3.   Penutup                            
                  Guru memberi kesimpulan
                  Guru mengevaluasi hasil lembar kerja siswa
                  Guru memberi tugas tambahan diluar jam KBM ( tugas tidak terstruktur)



          C.  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ( Pertemuan 3 )
                 1. Kegiatan Awal
                     a. Apersepsi
                         - Siswa mampu mengidentifikasi kelompok akuntansi HUM dan rumus persamaan akuntansi
                        - Siswa mampu menganalisa perubahan harta dengan utang
                     b. Motivasi
                         - Memberi pengertian pentingnya persamaan dasar akuntansi dalam kegiatan akuntansi
                         - Manfaat   mempelajari persamaan dasar akuntansi dalam kehidupan sebagai life skill
           
                2.  Kegiatan Inti
                     a. Eksplorasi :
                        - Guru membagi kelompok per bangku untuk mengkaji tentang persamaan akuntansi
                        - Siswa mengkaji literatur tentang persamaan dasar akuntansi
                        - Menggali informasi tentang mekanisme debit dan kredit
                        - Menggali informasi tentang perubahan harta dengan Modal

                     b. Elaborasi :
                        - Siswa  memecahkan masalah sesuai dengan lembar kerja yang diberikan oleh guru.         
                        - Masing – masing kelompok  mendiskusikan lembar tugas yang diberikan
                        - Masing masing kelompok  mempresentasikan hasil
                        - Guru membimbing dan mengamati selama proses pembelajaran  



                    c. Konfirmasi : 
                        - Siswa merefleksi hasil diskusi dengan bimbingan guru selama proses pembelajaran          
                
                3.   Penutup                        
                      Guru memberi kesimpulan
                      Guru mengevaluasi hasil lembar kerja siswa
 
IX.  Penilaian
       Teknik                              :  Test
       Bentuk Instrument           :  Tertulis
       Instrument                        :  Soal Uraian ( Terlampir )                 

X.  Alat / Bahan
      Alat                                   :  Papan tulis, OHP, LCD
      Bahan                                :  Lembar kerja
      Sumber belajar                  :  Buku akuntasi XI    
                                                   Buku lain yang relevan



Mengetahui
Kepala Sekolah


Drs. H. M. NASOR,  M.M
NIP 19591015 198503 1 014

Kraksaan , 21 Juni 2011
Guru Akuntansi


TASRON, S.Pd,  M.Pd
NIP 19651109 198901 1 003


Catatan – catatan :

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


0 komentar:

Poskan Komentar

© 2013 Tasron. Diberdayakan oleh Blogger.