Home » » RPP Kertas Kerja

RPP Kertas Kerja


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                            :            Sekolah Menengah Atas ( SMA )
Mata Pelajaran                 :           Ekonomi (Akuntansi )
Kelas/Semester                :            XI / Genap
Standar Kompetensi         :           Memahami penyusuanan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar           :           Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jaasa
Indikator                         :           Menyusun Kertas Kerja ( neraca lajur )
Alokasi Waktu                :    6  x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran :
Memahami penyusunan kertas kerja

B.     Materi Pembelajaran
1.      Arti
Kertas Kerja merupakan kertas yang berkolom kolom / berlajur lajur yang disusun sedemikian rupa untuk menghimpun semua data keuangan dengan tujuan membantu proses penyusunan laporan keuangan
2.      Fungsi
a.       Membantu mempermudah proses penyusunan laporan keuangan
b.      Mengklasifikasikan akun yang sejenis
c.       Mempermudah koreksi jika terjadi kesalahan
3.      Bentuk
a.       6 kolom
b.      8 kolom
c.       10 kolom
d.      12 kolom

4.      Contoh Format
a.       6 kolom
NO
AKUN
N..SALDO
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K

























b.      8 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K































c.       10 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
N.S.S.DISES
L / R
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K





































d.      12 kolom
NO
AKUN
N. SALDO
A.  PENYES
N.S.S.DISES
L / R
LAP. P.M
NERCA
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K
D
K












































5.      Prosedur Penyusunan
Contoh 10 kolom
a.       Isi kolom Neraca saldo yang diambil dari saldo – saldo akun buku besar
( Harta bersaldo Debet, Utang bersaldo Kredit, Modal bersaldo Kredit, Pendapatan bersaldo Kredit dan Beban bersaldo Debet )
b.      Isi kolom Ayat penyesuaian , yang diambil dari jurnal penyesuaian
c.       Isi kolom Neraca saldo setelah disesuaikan, yang diambil dari kolom neraca saldo dengan membandingkan kolom ayat penyesuaian
d.      Isi kolom Laba / rugi, yang diambil dari kolom Neraca saldo setelah disesuaikan         ( khusus akun nominal, yaitu akun pendapatan dan beban )
e.       Isi kolom Neraca , yang diambil dari kolom Neraca saldo setelah disesuaikan                ( khusus akun riil, yaitu akun harta, utang dan modal )



C.     Metode     :           Penugasan & Praktik











D.    Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN I
Kegiatan Pendahuluan / Awal ( 10 menit )
Apersepsi              :           Mengingatkan kembali materi  neraca saldo, dengan cara  tanya jawab
                                          tentang isi dan fungsi neraca saldo (±  5 - 7  menit )
Motivasi                :           Memberi pengertian kepada siswa , pentingnya penyusunan kertas kerja
                                          dalam Koperasi konsumsi sebelum proses penyusunan laporan
keuangan.

            Kegiatan Inti ( 70 menit )
a.       Siswa  membentuk kelompok ( 4 siswa )
b.      Setiap kelompok mendapat Lembar Kerja, yang berupa Lembar Soal, Blanko Ayat penyesuaian dan Blanko Kertas kerja ( neraca lajur )
c.       Masing -masing- kelompok  Mengkaji literatur dan menggali informasi dari anggota kelompok tentang  penyusunana kertas kerja perusahaan jasa
d.      Setiap kelompok mengerjakan praktik penyusunan kertas kerja Kopersasi konsumsi
e.       Masing-masing kelompok mendiskusikan  jawabannya
f.       Guru memberi refleksi dalam KBM , dengan cara  mengundi  kepada semua kelompok yang diambil hanya 2 kelompok yang kalah dalam undian untuk mempresentasikan hasil kerja / praktiknya.

Kegiatan Akhir / Penutup  ( 10 menit )
a.       Guru memberi kesimpulan dan klarifikasi jawaban yang benar
b.      Guru memberi evaluasi Lembar Kerja Siswa ( sebagai tolok ukur ketercapaian indikator )

PERTEMUAN II
Kegiatan Pendahuluan / Awal ( 10 menit )
Apersepsi              :           Mengingatkan kembali materi kertas kerja dengan cara  tanya
Jawab tentang Prosedur penyusunan kertas kerja  (±  5 - 7  menit )
Motivasi                :           Memberi pengertian kepada siswa , pentingnya penyusunan kertas kerja
                                          dalam Koperasi konsumsi sebelum proses penyusunan laporan
keuangan.

            Kegiatan Inti ( 70 menit )
g.      Siswa  membentuk kelompok ( 4 siswa )
h.      Setiap kelompok mendapat Lembar Kerja, yang berupa Lembar Soal, Blanko Ayat penyesuaian dan Blanko Kertas kerja ( neraca lajur )
i.        Masing -masing- kelompok  Mengkaji literatur dan menggali informasi dari anggota kelompok tentang  penyusunana kertas kerja perusahaan jasa
j.        Setiap kelompok mengerjakan praktik penyusunan kertas kerja Kopersasi konsumsi
k.      Masing-masing kelompok mendiskusikan  jawabannya
l.        Guru memberi refleksi dalam KBM , dengan cara  mengundi  kepada semua kelompok yang diambil hanya 2 kelompok yang kalah dalam undian untuk mempresentasikan hasil kerja / praktiknya.

Kegiatan Akhir / Penutup  ( 10 menit )
c.       Guru memberi kesimpulan dan klarifikasi jawaban yang benar
d.      Guru memberi evaluasi Lembar Kerja Siswa ( sebagai tolok ukur ketercapaian indikator )

E.     Alat / Bahan / Sumber Belajar
      Alat                             :  Papan tulis/ Chat / OHP /Laptop
      Bahan                          :  Lembar Kerja
      Sumber Belajar            :  1. Buku Akuntansi SMA II oleh Ajang Mulyadi-Grafindo
                                       2. Buku Akuntansi SMA untuk kelas XI – Alam S – Esis
                                       3. Buku Akuntansi SMA untuk kelas XII – Alam S – Esis
                                       4.. Pelajaran akuntansi Untuk Kelas 3 SMU - Yudistira
                                       5. Buku Akuntansi yang relevan



F.     Penilaian
Teknik Penilaian                :           a.         Penilaian Proses (terlampir)
                                                      b.         Penilaian Hasil (terlampir)
Bentuk Instrumen Test     :           test tertulis uraian
Instrumen                          :           Soal uraian (terlampir)




Mengetahui
Kepala Sekolah


Drs. H. M. NASOR,  M.M
NIP 131479720

Paiton , 18 Januari 2009
Guru Akuntansi


TASRON, S.Pd,  M.Pd
NIP 131811866





Lampiran Lembar Penilaian

1.      Penilaian Proses
      Aspek/materi/kegiatan : diskusi & praktik
      Indikator : Menyusun Kertas kerja akuntansi perusahaan asa

No
Nama
Kesiapan & Respon
Mengemukakan pendapat
Kerja sama
Jumlah
Rata-rata
1
2
3
4
5







Keterangan :
1.      Mengikuti PBM dengan sangat aktif & partisipatif      95-100    =  A
2.      Mengikuti PBM  dengan aktif & partisipatif                 86-94      =  B
3.      Mengikuti PBM  dengan cukup aktif & partisipatif      75-85     =  C
4.      Mengikuti PBM  dengan kurang aktif & partisipatif     < 61       =  K



2.      Penilaian Hasil ( Kognitif Domain )
      Aspek/materi/kegiatan : Hasil Kerja
           Indikator :  Menyusun Kertas kerja perusahaan jasa

No
Aspek
Nama
Kerapian jawaban
Sesuai dengan Prosedur
Jawaban benar
Jumlah
Rata-rata
1
2
3
4
5







Keterangan :
1.      Jawaban Benar dan sesuai dengan Posedur                                                                                                                                                 =   100
2.      Jawaban benar  sampai dengan kolom laba / rugi                                                                                     =                                                     90
3.      Jawaban benar  sampai dengan  kolom neracaca saldo stl. disesuaikan    =           80
4.      Jawaban benar  sampai dengan  kolom ayat penyesuaian                                                 =    75
5.      Jawaban salah dan tidak sesuai dengan prosedur                                                                           =   ≤ 74



BAHAN AJAR

( LEMBAR KERJA SISWA )


Sekolah                               :            Sekolah Menengah Atas ( SMA )
Mata Pelajaran                    :           Ekonomi (Akuntansi )
Kelas/Semester                   :            XI / Genap
Standar Kompetensi            :          Mamahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
Kompetensi Dasar               :          Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jaasa
Indikator                             :           Menyusun Kertas Kerja ( neraca lajur )
Alokasi Waktu                    :            2  x 45 menit
Petunjuk Umum :
  1. Bacalah secara seksama kasus dibawah ini sebelum anda mengerjakan
  2. Kerjakan Lembar kerja  di lembaran kertas
  3. Diskusikan hasil kerja dengan kelompok


BELOW TRIAL BALANCE, ENDING OPERATION 31 th DECEMBER,2004 :
TYAN COMPANY
TRIAL BALANCE
                                                         31 th DECEMBER,2004
CODE                ACCOUNTTITLE                                                   Dr                        Cr
111                           Cash                                                                          5.000.000,00
112                           Account Receivable                                                   3.000.000,00
113                           Supplies                                                                     1.000.000,00
114                           Prepaid Rent                                                              1.200.000,00
311                        Equipment                                                                 20.000.000,00
312                         Accumulated Depreciation of Equipment.                                                 2.000.000,00
211                        Accountpayable                                                                                       1.500.000,00
212                        Note payable                                                                                           1.000.000,00
311                        Tyan, Capital                                                                                         20.700.000,00
312                        Tyan, Withdrawal                                                        3.000.000,00
411                        Revenues/Income                                                                                    10.000.000,00
511                        Salary expense                                                               750.000,00
512                        General and administration expense                              1.000.000,00
513                        Sales expense                                                                 250.000,00                                                                                                     35.200.000,00     35.200.000,00
                                                                                                                                                                     
Information for Adjustment, 31 th December,2004 :
1.      Supplies  700.000,00
2.      Rent 1.200.000 for a year ( 1 st October 2004   -   1 st October 2005 )
3.      Accrual revenue  1.500.000,00
4.      Salary payable 500.000,00
5.      Depreciation on Equipment 2.000.000,00 for a year


Required :
1.      Adjustment
2.      Work Sheet















































0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Tasron. Diberdayakan oleh Blogger.